Serba - Serbi Kecerdasan Buatan

Saturday, 10 July 2021 09:43 AM
by Media ENT

Apa yang ada di benak kalian jika mendengar kecerdasan buatan? Mungkin dari kita masih banyak yang belum mengetahui tentang kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau dengan kata lain Artificial Intelligence (AI) merupakan sebuah kecerdasan yang dimiliki oleh manusia lalu disimulasikan dalam suatu sistem yang diatur dalam sebuah konteks ilmiah. Tujuannya adalah agar program tersebut berpikir seperti manusia. Saat ini kecerdasan buatan merupakan hal yang lumrah dalam teknologi, mengingat cepatnya perkembangan teknologi yang ada. 

Kalian pasti penasaran apa saja sih yang membuat AI ini menarik? Berikut berbagai informasi penting mengenai AI: 

 

1. Proses penting dalam AI

Proses AI dikenal ada tiga poin yakni learning, reasoning, dan self correction. Pada proses learning, AI akan memanfaatkan pengalamannya saat digunakan manusia yang akan membuatnya belajar secara mandiri. Reasoning pada AI digunakan untuk pacuan pada self correction. Kecerdasan buatan memang diprogram untuk terus belajar dan membenahi diri. Contohnya pada AlphaGo yang merupakan salah satu kecerdasan buatan manusia yang mampu memperbaiki cara bermainnya berulang kali. AlphaGo dikembangkan oleh Google DeepMind di London dan dipergunakan untuk permainan papan Go. 

sumber : https://dylandjian.github.io/static/alphago-38e4014a67ebd4fca90235f1ed06c898-ad082.png

 

2. Faktor yang mempengaruhi AI menjadi teknologi yang mumpuni

Terdapat beberapa faktor yang membuat AI dapat dipergunakan dengan baik, antara lain: 

      A. Acting Humanly, program pada AI yang dapat mempengaruhi tindakan seperti pada manusia.

      B. Thinking Humanly, program AI yang mampu mempengaruhi pikiran layaknya manusia.

      C. Thinking Rationally, program AI yang dapat berpikir secara rasional.

      D. Act Rationally, program AI yang mampu bertindak secara rasional.

sumber : https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2020/08/21/1211446/540x270/kemenperin-kecerdasan-buatan-tingkatkan-efisiensi-dan-produktivitas-industri.jpg

 

3. Berbagai Contoh AI 

      A. Asisten Virtual 

Teknologi telekomunikasi memang berkembang secara cepat, tidak dipungkiri saat ini kebutuhan gadget sangat tinggi. Berbagai fitur canggih dihadirkan oleh perusahaan elektronik yang memproduksi gadget. Salah satu fitur kebanggaan yang saat ini telah hadir di berbagai gadget adalah asisten virtual seperti Siri dan Google Assistant. Berbagai fungsi dapat dilakukannya seperti memberikan informasi untuk jadwal acara, perintah untuk mengirim pesan, memutar video atau musik, membuka aplikasi lain, serta mampu berinteraksi dengan kita. Kecerdasan buatan dalam asisten virtual akan terus belajar seiring berjalannya waktu.

sumber : https://hello.web.id/wp-content/uploads/2021/03/siri-asisten-virtual-dari-apple.jpg

      B. DeepFace oleh Facebook

Saat ini, menggunakan media sosial sebagai sarana publikasi memang hal yang sangat lumrah. Akan tetapi bagaimana jika media sosial tersebut dilengkapi dengan kecerdasan buatan? Tentunya hal tersebut akan menjadi inovasi baru dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sosial media tersebut. Pada platform Facebook kita akan dimanjakan dengan fitur mendeteksi wajah tanpa perlu menandai seseorang secara manual. Pada fitur tersebut, sosial media buatan Mark Zuckerberg ini menggunakan fitur AI di dalamnya.

sumber : https://i0.wp.com/sefiks.com/wp-content/uploads/2020/02/zuckerberg-face-recognition.jpg?ssl=1

      C. Produk rekomendasi pada e-commerce

Kecerdasan buatan juga hadir dalam dunia keuangan, salah satunya adalah perbelanjaan online. Sifatnya yang mudah, murah, dan praktis membuat sistem belanja online ini digandrungi oleh banyak orang. Ketika berbelanja produk pada e-commerce maka data itu akan disimpan dan dipelajari oleh AI dan diimplementasikan pada rekomendasi produk, biasanya dalam rekomendasi produk akan ada barang yang pernah kita cari maupun beli. Hal ini akan memudahkan pembeli untuk membeli barang yang diinginkan.

sumber : https://majapahit.id/wp-content/uploads/2020/12/Cara-mengatasi-masalah-tantangan-bisnis-e-commerce.jpg.webp

Kecerdasan buatan akan terus berkembang sesuai dengan zaman yang ada. Akan ada berbagai contoh lain dari AI yang dapat membantu kehidupan manusia agar lebih baik lagi. Suatu saat kita akan membutuhkan kecerdasan yang dimiliki oleh AI untuk menopang hidup kita. Penggunaan AI sudah seharusnya bisa memberikan keringanan bagi penggunanya jika kita menggunakannya dengan bijak. (jes)