Berdamai dengan Diri Sendiri

Wednesday, 7 April 2021 03:29 PM
by Media ENT

Sumber Foto: https://unsplash.com/photos/wS0JvVrjDDw

Dalam kehidupan pasti dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan hidup. Berdamai dengan diri sendiri merupakan salah satu cara untuk lebih dekat dan mengenal potensi diri. Dengan berdamai, kita dapat menerima segala yang telah kita lakukan dimasa lalu. Berikut ini merupakan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan agar kita mampu berdamai dengan diri sendiri 

1. Mendengarkan musik 

Musik memiliki peran penting untuk berdamai dengan diri sendiri. Dengan mendengarkan musik, akan mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang dan tentunya mengatasi adanya masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional. Selain itu, musik juga bisa memberikan efek relaksasi terutama bagi kita yang telah melakukan kegiatan berat dan melelahkan. Kita juga bisa menggabungkan jalan kaki dengan mendengar musik untuk manfaat yang lebih maksimal. Maka dari itu, nikmatilah musikmu dan temukan manfaat dibaliknya! 

2. Menulis Jurnal 

Menuangkan pikiran melalui tulisan dalam sebuah jurnal adalah kebiasaan sebagian orang yang ternyata sangat baik untuk mental. Kegiatan ini dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Selain itu, mewujudkan emosi melalui tulisan juga dapat membantu memahami serta berdamai dengan diri sendiri. 

3. Olahraga 

Ketika mendengarkan kata olahraga mungkin terasa berat, namun ternyata olahraga juga bisa membuat suasana hati meningkat loh. Hal itu karena adanya peningkatan kadar hormon endorphin yang akan menghindarkan kita dari stress. Olahraga ringan seperti berjalan kaki merupakan alternatif mudah dan murah yang tidak membutuhkan alat khusus. Dengan jalan kaki bisa memberikan kesempatan bagi kita untuk merenung mengenai hal-hal yang sudah atau sedang kita jalani. 

4. Berkebun 

Berkebun merupakan salah satu kesempatan kita untuk berinteraksi dengan alam sekaligus menjauhkan sementara dari layar gadget/monitor serta menunda daftar pekerjaan kita. Menjadikan berkebun sebagai tugas rutin seperti menyirami tanaman hingga menunggu tumbuh dapat menjadi latihan yang bagus untuk pikiran dan fisik kita. 

Nah, empat poin tersebut merupakan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk berdamai dengan diri sendiri. Jangan lupa luangkan waktu untuk diri sendiri ya!