5 Ragam Kuliner Indonesia yang Pernah Diklaim Negara Lain

Thursday, 29 July 2021 09:49 AM
by Media ENT

 

Kuliner Indonesia memang tidak bisa membohongi lidah bagi penikmatnya. Rasa yang diberikan mampu memanjakan berbagai kalangan dan menghipnotis siapapun yang menyantap hidangan khas Nusantara. Hal ini lantas menjadikan kuliner Indonesia seringkali diakui kepemilikannya oleh negara lain. Malaysia misalnya, negara yang cukup dekat dengan Indonesia secara geografis ini memiliki banyak persamaan dalam hal kulturasi budaya. Seringkali, persamaan tersebut menjadikan pertikaian dalam hal kepemilikan.  Lantas kuliner-kuliner asal Indonesia apa saja yang diklaim oleh Malaysia? Berikut adalah rangkuman beberapa kuliner tersebut:

 

1. Rendang

source: https://norecipes.com/beef-rendang-recipe/

Rendang atau randang adalah masakan asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Olahan makanan dengan bahan utama daging sapi ini, biasanya disajikan saat hari besar misalnya hari raya Idulfitri dan Iduladha. Bumbu yang diperlukan dalam kuliner ini berasal dari perpaduan aneka rempah-rempah dan santan. Proses pembuatan Rendang tergolong lama yakni bisa memakan waktu hingga 4 jam. Kuliner yang sudah ditetapkan sebagai hidangan nasional Indonesia pada tahun 2018 ini, pernah menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) pada tahun 2011.

 

2. Sate

source: amazon.com

Sate atau satai merupakan makanan yang banyak digemari oleh kalangan muda, tua, hingga anak-anak. Potongan daging kecil kecil yang kemudian disusun sedemikian rupa pada tusuk merupakan bentuk ciri khas dari Sate. Proses memasaknya adalah dengan memanggangnya pada bara arang kayu. Sate sendiri bisa disajikan dengan berbagai variasi bumbu. Daging yang biasanya digunakan adalah daging ayam, kambing, sapi, dan lain-lain. Kuliner yang diketahui berasal dari Jawa ini, sangat mudah dijumpai. Kepopulerannya bahkan hingga ke negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

 

3. Martabak Manis

source: https://doyanresep.com/martabak-manis-terang-bulan-teflon/

Martabak Manis atau yang biasanya dikenal dengan Kue Terang Bulan adalah kudapan jenis panekuk yang biasanya dijajakan di pinggir jalan. Adonan Martabak Manis terdiri dari tepung terigu, soda kue, telur, santan, air, dan ragi. Dalam memasak biasanya adonan akan dipanggang di atas penggorengan besi tebal khusus hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang. Inovasi dari  kuliner ini sangat beragam yakni dengan penambahan topping diatas kue, biasanya para penjual menggunakan keju, coklat, atau bahkan aneka selai rasa buah.

 

4. Lumpia

source:https://www.cubesnjuliennes.com/baked-vegetable-spring-rolls-veg-spring-roll-recipe/

Lumpia merupakan makanan khas Semarang perpaduan Tionghoa dan Jawa. Lumpia terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus, dengan isian yang umumnya adalah telur, sayuran segar, daging, atau bahkan makanan laut. Seiring berjalannya waktu, Lumpia banyak dikreasikan oleh berbagai wilayah di Indonesia melalui jenis isiannya.

 

5. Ketupat

source: shutterstock.com

Ketupat atau kupat adalah hidangan berbahan dasar beras yang dibungkus dari anyaman daun kelapa muda atau yang lebih sering disebut janur. Ketupat paling sering ditemui saat perayaan lebaran Dalam menikmatinya, biasanya ketupat disajikan dengan beragam masakan lain khas Indonesia seperti gulai, sayur lodeh, dan lain lain. Keunikan ketupat adalah anyaman yang dibuat pada pembungkusnya mampu memiliki nilai estetika tersendiri.

 

Itulah tadi beberapa Kuliner Khas Indonesia yang sempat diakui oleh negara lain. Apakah kalian sudah pernah merasakan semua kuliner tersebut? Jadikan kuliner asal negara sendiri untuk menjadi makanan favorit kalian ya! Sebagai bentuk bahwa kita akan tetap melestarikan warisan nenek moyang melalui kenikmatan kuliner khas Indonesia.